Pendampingan Penyusunan Business Plan Melalui Asesmen Kompetensi Pada Warga Belajar PKBM Sadina Kabupaten Garut
DOI:
https://doi.org/10.61536/konsienti.v2i01.36Keywords:
business plan, kompetensi, strategi berfikir kreatif, PKBM sadinaAbstract
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sadina yang terletak di kabupaten Garut, saat ini tercatat memiliki 150 orang warga belajar dengan tujuan dapat terwujudnya masyarakat pembelajar, mandiri dan sejahtera. Umumnya warga belajar di dominasi oleh usia pelajar atau pemuda yang tidak mampu mengikuti dan menyelesaikan Pendidikan di jalur formal. Mereka belum memiliki keahlian lain untuk dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Tidak ada motivasi untuk meningkatkan taraf kehidupannya. Sikap pesimis dan pasrah menjadi sikap mental yang negatif dalam diri mereka. Berdasarkan analisis situasi tersebut, maka diperlukan pendampingan dalam menggagas ide rintisan usaha baru yang dituangkan dalam sebuah dokumen business plan. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan asesmen untuk menstimulasi kompetensi diri sendiri melalui interview berbasis perilaku kejadian dan Brainstroming. Dengan pendampingan yang dilakukan, para peserta dapat mengidentifikasi kompetensinya, mengetahui strategi berfikir secara kreatif dan memiliki keahlian menyusun dokumen rencana bisnis dari mulai menghasilkan ide yang kreatif hingga kelayakan suatu bisnis.
Downloads
References
Buckingham, Marcus, and Donald O. Clifton. 2001. Now, Discover Your Strengths. New York: Free Press.
Dias, Murillo, and Roberto Aylmer. 2019. “Behavioral Event Interview : Sound Method for Indepth Interviews.” Oman Chapter of Arabian Journal of Business and Management Review 8:1–6. doi: 10.12816/0052846.
Gartner, William B., Nancy M. Carter, and Paul D. Reynolds. 2004. “Handbook of Entrepreneurial Dynamics: The Process of Business Creation.”
Goman, Carol Kinsey. 1991. Kreativitas Dalam Bisnis Suatu Pedoman Untuk Berpikir Kreatif. Jakarta: Crisp Publication, INC.
Haag, Annette B. 2013. “Writing a Successful Business Plan: An Overview.” Workplace Health & Safety 61(1):19–29. doi: 10.1177/216507991306100104.
Harianti, Asni, and Yolla Margaretha. 2015. “Pengembangan Kreativitas Mahasiswa Dengan Menggunakan Metode Brainstorming Dalam Mata Kuliah Kewirausahaan.” Jurnal Manajemen Maranatha 13(2). doi: https://doi.org/10.28932/jmm.v13i2.134.
Hurt, Floyd. 1999. Rousing Creativity : Think New Now! Menlo Park, California: Crisp Publications, Incorporated.
Lembaga, Pada, and Gary Zukaf. 2018. “Peran Lembaga Pendidikan.” Info Singkat X(11):13.
Maulidyana, Maulidyana, and Ulhaq Zuhdi. 2018. “Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Muatan Materi Ips Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Sdn Gempol 3 Pasuruan.” JPGSD 06(02):177–86.
McClelland, David C. 1998. “Identifying Competencies with Behavioral-Event Interviews.” Psychological Science 9(5):331–39. doi: 10.1111/1467-9280.00065.
Pamungkas, Alim Harun and Sunarti, Vevi and Wahyudi, Wendi Ahmad. 2018. “Peran PKBM Dalam Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Dan Kesejahteraan Hidup Masyarakat Sesuai Target SDGs.” SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) 6(3):303–9. doi: https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i3.101240.
Susianti, Lena, and Muhammad Anwar. 2019. “Strategi Brainstorming Terhadapketerampilan Berpikir Kreatif.” Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika 7(4):11–19. doi: https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i4.106376.
Teresia, Wahyuni. 2021. Asesmen Nasional 2021. Guepedia.
Turkyilmaz, Ali, Dinara Dikhanbayeva, Zhanybek Suleiman, Sabit Shaikholla, and Essam Shehab. 2021. “Industry 4.0: Challenges and Opportunities for Kazakhstan SMEs.” Procedia CIRP 96:213–18. doi: 10.1016/J.PROCIR.2021.01.077.
Whetten, David A., and Kim S. Cameron. 1995. Developing Management Skills (3rd Ed.). 3rd ed. New York: HarperCollins College Publishers.
Whetten, David A., and Sue Campbell Clark. 1996. “An Integrated Model for Teaching Management Skills.” Journal of Management Education 20(2):152–81. doi: 10.1177/105256299602000202.
Zamara, Elena. 2016. “General Methodological Aspects of Stimulation of Self-Development in Information and Communication Competence of Students in Secondary Vocational Education.” Samara Journal of Science 5:159–62. doi: 10.17816/snv20162305.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Deri Prayudi, Munir Nur Komarudin, Dadang Suhardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.