Pelatihan Peningkatan Manajemen Keuangan dan Pembukuan Sederhana Pada Toko Nuansa Perabot di Kota Padang

Authors

  • Harisriwijayanti Harisriwijayanti Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
  • Shinta Bella Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Nike Apriyanti Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.61536/konsienti.v2i02.53

Keywords:

Manajemen Keuangan, Pembukuan Sederhana, UMKM

Abstract

PKM ini mengusulkan kegiatan yang bersifat pelatihan peningkatan manajemen keuangan dan pembukuan sederhana pada toko nuansa perabot. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mitra tentang pentingnya manajemen keuangan dalam mengelola usaha. Dengan memahami pengelolaan keuangan, UMKM dapat lebih maju, terutama dalam aspek keuangan. Penggunaan Manajemen Keuangan juga dapat membantu merencanakan peningkatan laba, sehingga perkembangan UMKM akan lebih baik. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman kepada pelaku usaha perabot yang dikelola oleh Ibu Zuriyati mengenai manajemen keuangan dan pembukuan sederhana. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dalam beberapa tahap kegiatan yaitu tahap pertama tahap persiapan yang terdiri dari beberapa kegiatan diantaranya survei, pembentukan tim PKM, pengajuan dan pembuatan proposal, koordinasi tim dan mitra PKM dan persiapan materi. Tahap kedua tahap pelaksanaan berisikan lingkup pelaksanaan dan prosedur kerja. Tahap ketiga tahap pelaporan berisikan metode sosialisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhusain, A. S. (2022). Analisa Kebijakan Permodalan dalam Mendukung Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus Provinsi Bali dan Sulawesi Utara. Kajian, 14(4).

Andarsari, P., & Dura, J. (2021). Implementasi Pencatatan Keuangan Pada Usaha Kecil Dan Menengah (Studi pada Sentra Industri Kripik Tempe Sanan di Kota Malang. Jurnal JIBEKA, 12(1), 59–65.

Ganjar, I. (2021). Akuntansi Praktis Untuk UMKM, Penerbit : Laskar Aksara, Jakarta Mubarok Abdulloh, Faqihudin. Manajemen Keuangan Usaha Kecil.

Manoppo, W. S., & A, F. (2022). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Dengan Teknik Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Usaha UMKM Di Kecamatan Malalayang Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara.

Mukoffi, A., & Sulistiyowati, Y. (2019). The Role of Financial Accounting Standards for Small And Medium Micro Economic Sectors: Case Studies In Lowokwaru District, Malang. International Journal of Research in Business and Social Science, 8(3), 17–23.

Pangaribuan, H. (2022). The Financial Perspective Study on Tax Avoidance. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal. Humanities and Social Sciences, 4(3), 4998–5009.

Setyorini, R., Luturlean, B. S., Saragih, R., Hidayat, A. M., Aulia, P., Jamiat, N., & Kuswanto, A. (2022). Cloud Catalog dan Pengintegrasian Market Place dan Sosial Media Untuk Membantu Penjualan UMKM di Era New Normal.

shelly. (2020). Cloud Catalog dan Pengintegrasian Market Place dan Sosial Media Untuk Membantu Penjualan UMKM di Era New Normal. Charity: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 20–27.

Tulus. (2023). Usaha Mikro Kecil dan Menengah Di Indonesia, Penerbit : LP3ES, Jakarta Warsono. Journal of Society & Media, 1(1), 1–10.

Warsono, S., Darmawan, A., Ridha, M. A., Dipraktikkan. Asgard Chapter Yogyakarta Wilantara R.F, A. U. M. K. M. T. M. D., & S.P, S. (2022). Akuntansi UMKM Ternyata Mudah Dipahami dan Dipraktikkan. Strategi Kebijakan Pengembangan UMKM.

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

Harisriwijayanti, H., Bella, S., & Apriyanti, N. (2024). Pelatihan Peningkatan Manajemen Keuangan dan Pembukuan Sederhana Pada Toko Nuansa Perabot di Kota Padang. Konsienti : Community Services Journal, 2(02), 47–51. https://doi.org/10.61536/konsienti.v2i02.53

Issue

Section

Articles