Strategi Digital untuk Meningkatkan Penjualan UMKM di Kelurahan Jati Timur

Authors

  • Deni Amelia Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Fitrah Sari Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Shinta Bella Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.61536/konsienti.v2i01.43

Keywords:

UMKM, Media Sosial, Promosi Produk, Pemasaran Digital

Abstract

Kegiatan PKM bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan media sosial dalam promosi produk bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Jati Baru, Padang Timur. Melalui sosialisasi dan praktek langsung, para peserta mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam tentang manfaat dan teknik pemasaran digital. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam wawasan, pengetahuan, dan keterampilan peserta terkait pemanfaatan media sosial untuk promosi produk UMKM. Selain itu, saran untuk kegiatan lanjutan seperti pelatihan fotografi, kewirausahaan, dan penulisan media cetak diusulkan untuk memperluas kapasitas dan potensi peserta. Kolaborasi antara dosen, pelaku UMKM, dan masyarakat dalam kegiatan ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan UMKM di wilayah tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmawan, E., & Aqino, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Digital Marketing Terhadap Volume Penjualan di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Produk UMKM Makanan Khas Banten Di Kota Serang. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 23(2).

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa

Harto, B., Sumarni, T., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Widyawati, S. (2023). Transformasi Bisnis UMKM Sanfresh Melalui Digitalisasi Bisnis Pasca Covid 19. IKRA-ITH ABDIMAS, 6(2), 9-15.

Hermawan, F., Detra, A. E., & Eldrian, A. F. (2022). Pengaruh Media Digital Sebagai Sarana Promosi Dan Transaksi Bagi Pelaku UMKM Makanan Dan Minuman Di Masa Pandemi Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 6(2), 493-505.

Irwansyah, R., Syahputra, D., Ningsih, S., Hasan, M., et.al. Kristanto, T., Nugroho, L.,

Manggabarani, A. S., (2021). Marketing Digital Usaha Mikro. Bandung: Penerbit Widina.

Rahman, M. A., & Hadiyati, E. (2020). Studi Penerapan Digital Marketing Pada UKM Makanan Khas di Kota Malang. Warta Pendidikan| e-Journal, 4(4).

Rangkuti, Freddy (2019). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus. Integrated Marketing, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Priyanto, H., Najib, M., & Septiani, S. (2020). Faktor Adopsi E Marketing dan PengaruhnyaTerhadap Kinerja Pemasaran UKM Kuliner Kota Bogor. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 2(2), 235-244.

Setyorini, R., Luturlean, B. S., Saragih, R., Hidayat, A. M., Aulia, P., Jamiat, N., Kuswanto, A., et. al. (2022). Cloud Catalog dan Pengintegrasian Market Place dan Sosial Media Untuk Membantu Penjualan UMKM di Era New Normal. Charity: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 20-27.

Downloads

Published

2024-02-08

How to Cite

Amelia, D., Sari, F., & Bella, S. (2024). Strategi Digital untuk Meningkatkan Penjualan UMKM di Kelurahan Jati Timur. Konsienti : Community Services Journal, 2(01), 32–36. https://doi.org/10.61536/konsienti.v2i01.43

Issue

Section

Articles