Pendampingan Penyusunan Business Plan Melalui Asesmen Kompetensi Pada Siswa SMK 1 Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Authors

  • Omia Crefioza Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
  • Tonny Yuwanda Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
  • Zainal A. Haris Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang

Keywords:

Net Present Value, Least Cost, Variable Additive Model, Metode Transportasi

Abstract

Pengabdian ini menginvestigasi penerapan inovasi teknologi, khususnya Metode Transportasi seperti Net Present Value (NWC), Least Cost, dan Variable Additive Model (VAM), dalam meningkatkan keterlibatan siswa kelas XII A di SMK 1 Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Melalui penyampaian materi, pelatihan praktis, dan sesi diskusi, pengabdian ini bertujuan untuk mendalamkan pemahaman siswa tentang konsep Metode Transportasi dan mengidentifikasi dampaknya terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Hasil studi menunjukkan bahwa penerapan inovasi tersebut secara signifikan meningkatkan pencapaian akademis siswa dan memperkuat keterampilan analitis mereka. Rekomendasi untuk peningkatan infrastruktur dan pelatihan guru juga diajukan sebagai upaya mendukung pengoptimalan Metode Transportasi dalam konteks pendidikan. Studi ini berpotensi memberikan kontribusi positif dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang inovatif dan berkelanjutan di lingkungan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buckingham, Marcus, and Donald O. Clifton. 2001. Now, Discover Your Strengths. New York: Free Press.

Dias, Murillo, and Roberto Aylmer. 2019. “Behavioral Event Interview : Sound Method for Indepth Interviews.” Oman Chapter of Arabian Journal of Business and Management Review 8:1–6. doi: 10.12816/0052846.

Gartner, William B., Nancy M. Carter, and Paul D. Reynolds. 2004. “Handbook of Entrepreneurial Dynamics: The Process of Business Creation.”

Goman, Carol Kinsey. 1991. Kreativitas Dalam Bisnis Suatu Pedoman Untuk Berpikir Kreatif. Jakarta: Crisp Publication, INC.

Haag, Annette B. 2013. “Writing a Successful Business Plan: An Overview.” Workplace Health & Safety 61(1):19–29. doi: 10.1177/216507991306100104.

Harianti, Asni, and Yolla Margaretha. 2015. “Pengembangan Kreativitas Mahasiswa Dengan Menggunakan Metode Brainstorming Dalam Mata Kuliah Kewirausahaan.” Jurnal Manajemen Maranatha 13(2). doi: https://doi.org/10.28932/jmm.v13i2.134.

Hurt, Floyd. 1999. Rousing Creativity : Think New Now! Menlo Park, California: Crisp Publications, Incorporated.

Lembaga, Pada, and Gary Zukaf. 2018. “Peran Lembaga Pendidikan.” Info Singkat X(11):13.

Maulidyana, Maulidyana, and Ulhaq Zuhdi. 2018. “Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Muatan Materi Ips Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Sdn Gempol 3 Pasuruan.” JPGSD 06(02):177–86.

McClelland, David C. 1998. “Identifying Competencies with Behavioral-Event Interviews.” Psychological Science 9(5):331–39. doi: 10.1111/1467-9280.00065.

Pamungkas, Alim Harun and Sunarti, Vevi and Wahyudi, Wendi Ahmad. 2018. “Peran PKBM Dalam Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Dan Kesejahteraan Hidup Masyarakat Sesuai Target SDGs.” SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) 6(3):303–9. doi: https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i3.101240.

Susianti, Lena, and Muhammad Anwar. 2019. “Strategi Brainstorming Terhadapketerampilan Berpikir Kreatif.” Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika 7(4):11–19. doi: https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i4.106376.

Teresia, Wahyuni. 2021. Asesmen Nasional 2021. Guepedia.

Turkyilmaz, Ali, Dinara Dikhanbayeva, Zhanybek Suleiman, Sabit Shaikholla, and Essam Shehab. 2021. “Industry 4.0: Challenges and Opportunities for Kazakhstan SMEs.” Procedia CIRP 96:213–18. doi: 10.1016/J.PROCIR.2021.01.077.

Whetten, David A., and Kim S. Cameron. 1995. Developing Management Skills (3rd Ed.). 3rd ed. New York: HarperCollins College Publishers.

Whetten, David A., and Sue Campbell Clark. 1996. “An Integrated Model for Teaching Management Skills.” Journal of Management Education 20(2):152–81. doi: 10.1177/105256299602000202.

Zamara, Elena. 2016. “General Methodological Aspects of Stimulation of Self-Development in Information and Communication Competence of Students in Secondary Vocational Education.” Samara Journal of Science 5:159–62. doi: 10.17816/snv20162305.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Crefioza, O., Yuwanda, T., & A. Haris, Z. (2024). Pendampingan Penyusunan Business Plan Melalui Asesmen Kompetensi Pada Siswa SMK 1 Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Konsienti : Community Services Journal, 2(01), 25–31. Retrieved from https://journal.takaza.id/index.php/konsienti/article/view/42

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)